Tentunya jika Anda seorang guru pasti ingin menjadi seorang guru yang berkualitas dan bisa mengikuti perkembangan zaman seperti sekarang ini. Sebab jika seorang guru tidak memiliki keinginan kuat untuk bisa mengikuti zaman, pastinya mereka sudah bisa dipastikan tidak akan bisa dikatakan berkualitas.

Karena untuk menjadi seorang guru yang memiliki kualitas baik namun tidak bisa mengikuti perkembangan zaman, mereka akan kesulitan untuk bisa menyesuaikan dengan cara belajar pada murid era milenial.

Satu yang pasti, generasi si guru pada saat menjadi seorang murid pasti akan jauh berbeda dengan generasi murid saat Anda menjadi guru. Walaupun memang memiliki dasar pengetahuan yang sama, akan tetapi Anda pasti akan dihadapkan dengan ebrbagai rintangan. Bisa jadi potensi murid yang lebih ahli daripada gurunya atau malahan cara mengajar yang tidak cocok dengan mereka.

Contents

READ  Berbagai Macam Inovasi Penerapan Teknologi Pendidikan

Tentukan Cara Agar Menjadi Guru yang Berkualitas

Murid itu sangat unik. Sebab setiap kepala pasti memiliki daya serap dan pemikirannya yang berbeda beda. Terlebih lagi jika Anda melihat perbedaan generasi yang Anda alami. Untuk menjadi guru yang berkualitas tentu saja Anda harus mengikuti perkembangan zaman yang ada. Sebab guru yang baik bisa mengajar sesuai denga napa yang muridnya inginkan dalam belajar.

Misalnya saja mengajar menggunakan media sesuai dengan zamannya. Entah itu menggunakan media internet, atau yang lain. Tentu ini bisa menjadi daya Tarik bagi siswa untuk bisa belajar lebih dalam. Atau bahkan ketika memberikan tugas lewat bantuan internet agar mempermudah Anda serta memberikan pengenalan tentang internet kepada anak didik Anda.

Gunakan media sesuai dengan zamannya

Seperti yang sudah dibahas, dengan mengikuti perkembangan zaman yang ada, tentu anak didik Anda akan lebih tertarik ketimbang gaya mengajar yang masih primitive. Mungkin bisa saja gaya primitive itu berhasil kepada anak didik Anda. Tapi mereka tidak bisa mengikuti perkembangan zaman yang mereka hadapi kelak.

READ  Pentingnya Pendidikan Masyarakat untuk Kemajuan Bangsa

Kalaulah Anda belum bisa mempraktekkan sesuai dengan waktu atau era yang di alami oleh anak didik Anda, Anda di wajibkan untuk mengikuti perkembangan zaman. Guru yang berkualitas adalah guru yang bisa menyesuaikan diri terhadap perkembangan zaman demi mengikuti muridnya. Karena bisa jadi metode yang Anda bakukan lebih mudah di terima oleh anak murid Anda.

Pahami potensi anak agar menjadi guru yang berkualitas

Simpelnya, setiap anak memiliki karakternya masing masing. Memang tidak harus semua karakter anak harus di perhatikan. Akan tetapi setidaknya Anda bisa mengambil Langkah yang tepat ketika menghadapi karakter sifat anak A B dan C. jika memang anak didik Anda di didik dengan metode yang sama, bisa di pastikan bahwa anak didik Anda akan mengalami masalah yang berbeda.

READ  Inilah Macam-Macam Beasiswa Kuliah yang Bisa Dicoba!

Bisa jadi anak A cepat bisa menangkap apa yang diajarkan, namun ternyata anak B masih belum juga memahami apa yang Anda berikan. Maka tidak mungkin Anda menyetarakan pola didik Anda kepada semua anak. Yang ada beberapa anak akan ketinggalan atas apa yang sudah di ajarkan.

Cara terbaiknya adalah Anda bisa menyesuaikan pola didik kepada anak yang memang di rasa lamban dalam memahami. Kalaupun tidak harus semua di perhatikan, setidaknya Anda sudah bisa mengantisipasinya lewat gaya pola didik yang memungkinkan bisa mencakup semua. Karena pada dasarnya guru yang berkualitas tentu memperhatikan apa yang mereka ajarkan di dalam pendidikan bisa masuk ke dalam otak muridnya.