Teknologi terus berkembang dengan sangat baik untuk membantu manusia. Salah satunya ialah dengan kehadiran robot canggih di bidang kesehatan. Di mana memang, berbagai robot tersebut berperan penting untuk membantu tenaga medis.

Berbagai robot canggih tersebut bisa membantu memudahkan tenaga medis untuk mendeteksi atau mengobati penyakit. Mulai dari robot yang bisa melatih komunikasi autisme sampai dengan robot yang bisa menjadi caretaker pasien demensia. Nah, inilah beberapa robot yang membantu pada bidang kesehatan.

Beberapa Robot Canggih di Bidang Kesehatan

Robot Drone Ambulans

Robot pertama yang akan dibahas ialah robot drone ambulans yang memiliki nama cormorant. Kemudian, Robot ini didesain bisa ber-manuver pada tempat yang sulit dijangkau oleh helikopter. Ternyata, robot ini merupakan robot drone ambulans pertama yang ada di dunia.

READ  Simak dan Ketahui! Beberapa Jenis Teknologi yang dapat Dipakai

Di dalam robot canggih di bidang kesehatan ini terpasang berbagai perangkat pendukung mulai dari laser pengukur ketinggian radar, sensor, sampai dengan sistem elektronik. Drone ini biasanya akan bisa mencari jalur lain untuk kembali pulang ketika pada kondisi lapangan dipenuhi dengan rintangan.

Baca Juga : Teknologi Ramah Lingkungan Terkini

Robot Caretaker Untuk Pasien Demensia

Kemudian, ada juga robot caretaker untuk pasien demensia yang bisa ditemukan. Robot ini sekilas mirip dengan manusia. Di mana memang memiliki wajah dan badan seperti perempuan dewasa.

Robot yang memiliki nama Nadine ini bisa menggantikan manusia caretaker pada pasien demensia pada masa yang akan datang. Robot hasil ciptaan salah satu perusahaan di Singapura ini memiliki piranti lunak di dalamnya.

Menariknya, piranti lunak itu bisa membuat robot canggih di bidang kesehatan tersebut mengekspresikan berbagai jenis emosi dan bisa juga mengingat pembicaraan. Selain itu, robot ini juga bisa bercerita dan memainkan beberapa jenis permainan dengan sangat baik.

READ  Simak Kemudahan Teknologi Komunikasi Yang Ada Pada Saat Ini

Robot Untuk Anak Autisme

Selanjutnya ada robot yang diperuntukkan bagi anak autisme. Di mana, robot ini mampu berinteraksi dengan anak sebagai bentuk latihan komunikasi anak pengidap autisme. Robot yang bernama Kasphar ini mampu memberikan respons yang sesuai.

Berbagai respon yang di berikan oleh Kasphar memang sangatlah baik. Selain itu, Kasphar juga bisa bermain tamborin, bernyanyi, makam, sampai dengan menyisir rambut. Ternyata, Kasphar sudah mulai di coba kepada anak autisme, dan hasilnya sangatlah baik.

Robot Perawat yang Ada di Rumah Sakit

Robot canggih di bidang kesehatan yang selanjutnya ialah robot perawat di rumah sakit. Tentunya, Robot yang memiliki nama Pepper ini sudah di tugaskan di 2 rumah sakit yang ada di Belgia. Di mana, robot ini mampu memahami emosi manusia.

READ  Teknologi Terunik yang Cocok untuk Rumah Pintar

Pada rumah sakit pertama, Pepper akan berada di ruang tunggu. Sementara itu, untuk rumah sakit kedua, Peper akan menemani pengunjung menuju bangsal RS yang tepat sesuai dengan keluhan penyakit yang di derita.

Ternyata, Pepper sendiri di lengkapi dengan software dari Zora Bots. Dengan menggunakan software ini maka bisa di ketahui jika Pepper mengalami masalah. Kecanggihan inilah yang membuatnya banyak di cari, bahkan di Jepang saja bisa terjual habis dengan cepat. Bisa di bilang bahwa Pepper menuai kesuksesan yang sangat besar.

Itulah beberapa robot canggih di bidang kesehatan yang bisa Anda temukan. Berbagai robot di atas ada yang masih di kembangkan untuk hasil lebih maksimal, dan ada juga yang sudah di gunakan. Menariknya, beberapa robot yang sudah di gunakan mampu memberikan hasil yang baik pada bidang kesehatan.

Baca Juga : Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Yang Harus Dilakukan