Kesehatan – Indonesia saat ini sedang berada pada musim pancaroba, musim dimana tidak menentunya iklim atau cuaca yang berubah dalam satu waktu yang sama. Terkadang hujan dan bisa tiba-tiba panas matahari sehingga menyebabkan banyak penyakit yang sangat begitu mengganggu, salah satunya adalah penyakit batuk berdahak.

Penyakit ini adalah penyakit yang sangat menyiksa sebab ketika dahak tidak keluar dari leher. Maka menyebabkan dada menjadi sakit dan bahkan bisa menyebabkan leher dan tenggorokan menjadi meradang. Tidak jarang penderita batuk di sertai dahak bisa membuat penderitanya menjadi demam dan sakit kepala yang begitu menyiksa.

Batuk menjadi kondisi yang sangat begitu mengganggu, meskipun terkesan ringan tetapi berdahak bisa sangat mengganggu aktifitas. Batuk di sertai dengan dahak dapat di sebabkan akibat infeksi dan juga flu, jenis batuk ini bisa bertahan dalam durasi waktu yang beragam bahkan ada yang sampai berminggu-minggu.

Sehingga tidak heran jika banyak yang mencari obat batuk berdahak hingga ke apotik yang jauh, mulai dari harga yang murah hingga termahal juga bisa menjadi pilihan banyak orang yang sedang menderita penyakit ini. Namun sebenarnya perlu Anda ketahui bahwa batuk dengan dahak dapat di sembuhkan meskipun tidak meminum obat dokter atau obat kimia.

READ  Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Yang Harus Di Lakukan

Sebab ada beberapa jenis obat batuk di sertai dahak yang berbahan dasar alami. Sehingga lebih ringan dari yang namanya efek samping. Untuk jenis obat alami ini sendiri beragam. Namun semuanya bisa di temukan dengan sangat begitu mudah. Terlebih lagi bahan tersebut pastinya tersedia di setiap rumah.

Obat Alami Batuk Berdahak

Berikut ini beragam informasi mengenai jenis-jenis bahan obat alami yang dapat Anda manfaatkan. Tentunya untuk menyembuhkan batuk yang di sertai dengan dahak yang akan manjur. Apabila Anda melakukannya secara rutin dan pastinya tanpa perlu takut efek samping karena mengonsumsi obat kimia.

READ  Penting Di Lakukan!! Kesehatan Mata Adalah Kunci Dunia

Perasan Jeruk Segar

Obata tau bahan alami pertama yang bisa Anda manfaatkan untuk menyembuhkan batuk berdahak adalah perasan jeruk segar. Dilansir dari laman womens health mengemukakan bahwa untuk yang menderita batuk wajib memperbanyak mengonsumsi cairan, terutama yang mengandung kandungan vitamin c yang tinggi.

Baca Juga : Apa Sajakah Keuntungan Dari Bergabung Dengan Club Otomotif

Sebab paru-paru memerlukan asupan cairan yang cukup guna mencegah terbentuknya lendir , minum perasan jeruk juga dapat menambah asupan vitamin C yang baik untuk daya tahan tubuh Anda.

Makanan Pedas

Ketika seseorang sedang mengalami batuk di sertai dengan dahak maka berareti produksi lendir pada tenggorokan meningkat. Sehingga Anda sangat di anjurkan untuk makan makanan yang pedas, kandungan zat capsaicin yang ada pada cabai maupun bumbu makanan dapat mengatasi dahak pada saat batuk.

Mandi Air Hangat

Ternyata mandi air hangat juga mampu membantu melembabkan sekaligus memecahkan lendir pada saluran udara yang menjadi penyebab batuk berdahak. Mandilah dengan pancuran sampai uap memenuhi kamar mandi, hirup uap hangat tersebut setidaknya lima menit.

READ  Cara Mengatasi Sakit Panas Pada Anak Tanpa Obat

Madu

Madu juga merupakan salah satu obat batuk yang di sertai dahak. Tentunya madu ini sangat begitu ampuh dan begitu praktis di gunakan di dalam rumah. Caranya cukup mudah yakni Anda tinggal meminum satu sendok makan madu setiap pagi dan juga malam hari hingga batuk serta dahak hilang dari dalam tubuh.

Banyak Minum

Ketika batuk kambuh maka Anda sebaiknya mengonsumsi banyak cairan, usahakan untuk meminum setidaknya 10 gelas cairan setiap harinya. Menghidrasi dengan air mampu melawan infeksi, menjaga tenggorokan tetap lembap, dan juga mencegah tenggorokan merang yang bahkan menyebabkan iritasi pada tenggorokan.

Demikianlah informasi mengenai obat atau bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi batuk berdahak yang sangat begitu mengganggu dan menyiksa apabila di biarkan begitu saja.

Baca Juga : Pentingnya Pendidikan Masyarakat Untuk kemajuan Bangsa